Sabtu, 12 Maret 2016

Cara mengatasi anemia dengan buah-buahan

anemia merupakan suatu keadaan dimana hemoglobin kurang dari normal yaitu 10-12 g/dl. Anemia ini jika tidak segera di atai dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan. Kita tahu bahwa hemoglobin bertugas untuk mengikat oksigen yang akan di gunakan untuk metabolisme tubuh. Jika seseorang dalam keadaan anemia yang mana hemoglobin (Hb) kurang dari normal akan terjadi gangguan kesehatan mulai dari pusing, mengantuk, pingsan bahkan sampai kematian. Oleh karena itu anemia perlu segera di atasi untuk mencegah gangguan pada kesehatan tubuh.
 Beberapa jenis anemia dan penyebabnya :
http://perawatankesehatanmuka.blogspot.com/2016/01/15-makanan-yang-efektif-untuk-penambah.html

1. Anemia karena kekurangan zat besi, penyebab anemia jenis ini adalah kekurangan zat besi di tubuh. Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak akan memproduksi cukup hemoglobin untuk sel darah merah.

2. Anemia karena kekurangan vitamin, sebagai tambahan dari zat besi, tubuh juga membutuhkan folat dan vitamin B-12 untuk menghasilkan cukup sel darah merah. Asupan makanan yang rendah zat tersebut dan nutrisi penting lain dapat menyebabkan penurunan produksi sel darah merah. Sebagai tambahan, beberapa orang tidak dapat dengan efektif menyerap vitamin B-12.

3. Anemia karena penyakit kronis, Penyakit kronis tertentu, contohnya kanker dan HIV/AIDS. Dapat mempengaruhi produksi sel darah merah, menghasilkan anemia kronis. Gagal ginjal juga dapat menyebabkan anemia.

4. Anemia aplastik Jenis ini sangat jarang terjadi dan merupakan kondisi yang mengancam jiwa. Ini disebabkan oleh berkurangnya kemampuan sumsum tulang belakang untuk menghasilkan ketiga jenis sel darah. Penyebabnya tidak diketahui.
Cara mengatasi anemia:
Cara mengatasi anemia dengan sayuran
Tingkatkan konsumsi sayuran hijau terutama yang mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi yang tinggi membantu proses pembentukan hemoglobin. Contoh sayuran yang mengandung banyak zat besi antara lain bayam, seledri, kubis, kol, kangkung, kentang manis. Tapi sobat juga perlu berhati-hati karena mengkonsumsi brokoli atau kol dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kembung,
 Cara mengatasi anemia dengan buah-buahan
Selain meningkatkan asupan sayuran, sobat juga perlu memperhatikan asupan buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk penderita anemia antara lain apel, anggur, semangka, aprikot., kismis dan buah pulm.

Cara mengatasi anemia dengan konsumsi daging dan seafood
Daging dan seafood kaya dengan kandungan vitamin B12 dan asam folat yang berfungsi dalam peningkatan produksi sel darah merah di tubuh.

Cara mengatasi anemia dengan daun bawang merah
Rebus daun bawang merah bersama dengan sebutir telur. Makan telur dan rebusan daun bawang merah. Lakukan setiap 2 kali dalam sehari agar anemia dapat segera sembuh.

Cara mengatasi anemia pada ibu hamil
Untuk ibu hamil, perhatikan gizi seimbang. Makan makanan yang mengandung zat besi yang tinggi, periksakan kandungan secara rutin, jika perlu asam folat dan tablet tambah darah mungkin diperlukan.